11 FAKTOR YANG MENYEBABKAN LIONEL MESSI DAPAT MENINGGALKAN BARCELONA

messi

Sebuah akhir yang kemungkinan bisa terjadi. Hubungan Lionel Messi dengan salah satu klub sepakbola terbesar di dunia, Barcelona kemungkinan akan segera berakhir menyusul adanya beberapa spekulasi dan rumor yang berkembang didalamnya. Pemain Argentina ini bisa dibilang sebagai pesepakbola terbaik sepanjang masa yang sering memberikan gelar bergengsi bagi ibukota Catalan dan perubahan ini bisa saja terjadi untuk sang pemain sepakbola yang hanya mengenal satu klub profesional disepanjang hidupnya.

Messi kini genap berusia 29 tahun, dahulu kita mengenal dirinya sebagai sosok pemain sepakbola yang polos dengan gaya rambut berantakan dan sekarang, ia sudah menjelma menjadi pesepakbola yang sopan dan terhebat diatas lapangan. Kepiawaiannya dalam mengontrol dan dribbling yang tak tertandingi berhasil membuatnya mencetak rekor dunia dengan membukukan 290 gol pada 323 penampilannya dan rekor ini masih akan terus berlanjut.

Jadi kenapa seorang Messiah harus hengkang? Mengapa pemain terbaik di dunia ini harus berpisah dengan salah satu klub terbaik di dunia jua? Mengapa orang seperti Messi harus pindah, sedangkan rekan lainnya tidak? Ini tentu poin yang sah, tetapi kini semua mata sedang tertuju dan semua mulut sedang membicarakan sosok Messi yang dinilai akan segera pergi meninggalkan La Liga Spanyol.

FC-Barcelona-and-Soccer-Culture-in-BarcelonaPada tahun 2001 disaat Messi berumur 13 tahun, ia dijemput sebagai seorang anak muda ke akademi La Masia Barcelona dan sejak saat itu dirinya diberikan pemahaman arti sepakbola tiki taka, tidak ada yang lain. Awalnya banyak orang yang ragu akan kemampuannya, namun dirinya mengatakan jikalau siapapun bisa menjadi pemain hebat di tim Barca dan ia akhirnya berhasil membuktikan dirinya sebagai seorang legenda.

Jika rumor yang beredar tentang Messi akan segera meninggalkan Camp Nou terbukti benar, maka dibawah ini sudah saya siapkan 11 faktor yang menjelaskan kenapa ia akan pergi, diantaranya adalah:

  1. Sang agen Mino Raiola menuntut bayaran yang besar

Dibalik pesepakbola besar, tentu ada agen cerdik yang memainkan peran dibelakang layar dan menuntut dibayar lebih atas jasa mereka. Agen Mino Raiola adalah tokoh kunci dibalik skenario ini dan ia tidak segan untuk menginjak kaki orang guna mendapatkan apa yang ia inginkan. Raiola pernah menjadi agen beberapa pesepakbola terkenal seperti Zlatan Ibrahimovic, Paul Pogba dan sekarang Lionel Messi. Ia pernah mengumpulkan kekayaan lebih dari US$ 600 juta dan semuanya dihabiskan di Monte Carlo sehingga ia juga memiliki beberapa tagihan besar yang harus dibayar. Sebuah langkah besar untuk mengisi kantong Messi pastinya akan mengisi kantong Raiola juga, sehingga ada faktor yang menyebutkan Messi tidak betah tentang hal ini.

  1. Masih ada waktu untuk membuktikan kepada Barca

Sejauh ini Messi sudah membuat rekor dan mempersembahkan berbagai gelar di Barca seperti:

  • Membukukan 290 gol dalam 323 laga
  • 7 gelar La Liga
  • 3 piala Copa del Rey
  • 6 piala SuperCoppa
  • 4 medali pemenang UEFA Liga Champions
  • 3 UEFA Super Cup
  • 2 gelar FIFA Club World Cups
  • 4 Ballon d’Or

Daftar ini kemungkinan akan terus bertambah, apakah dia lebih menyukai piala Liga Premier Inggris, medali Bundesliga atau Serie A? Hal ini tentu akan menjadi kebanggaan besar bagi para fans Messi diluar Barca untuk melihat pahlawannya mengangkat trophi yang berbeda. Messi masih mempunyai waktu yang panjang untuk membuktikan jikalau dirinya sanggup berdiri tanpa Barca.

  1. Mengembangkan merek Messi

Entah hal ini adalah faktor kebetulan semata atau sudah dirancang, Lionel Messi adalah merek terkemuka. Messi sering dikait-kaitkan dengan beberapa perusahaan besar seperti Adidas, Pepsi, dan Samsung. Terminologi “dilahirkan untuk menjadi pemenang” di semua pakaian Adidas-Messi tentu bukanlah suatu kesalahan, saat ia menang maka Adidas menang. Messi yang kini tengah menikmati kekayaan bersih US$ 210 juta dan gaji US$ 44.680.000 tentu memiliki banyak pintu keluar dan dapat menciptakan lingkungan baik setiap saat. Jikalau dirinya berani melangkah ke Liga Premier, tentu saja hal tersebut dapat meningkatkan pangsa pasar namanya ke dalam entitas perusahaan besar yang berbeda.

  1. Reuni kembali dengan Pep Guardiola

Messi hingga saat ini masih memuja mantan pelatih Barca, Pep Guardiola. Dan ada kemungkinan jika Messi hengkang, mereka akan dipertemukan kembali ke Manchester City sebab Pep menolak untuk menandatangani perpanjangan kontrak di Muenchen. Mungkinkah mereka dapat bersama lagi seperti dulu?

  1. Arsenal tertarik kehadirannya

Surat kabar Independent tahu, mereka akan mendapatkan reaksi besar dari para pembaca ketika Messi memutuskan ingin hijrah ke Arsenal pada bulan November. Mungkin sebanyak 60.000 fans The Gunner akan bahu-membahu membangun proyek guna membantu Messi pindah ke Emirates. Oliver Giroud dan Theo Walcoot gagal tampil mengesankan dan ini adalah waktu tepat bagi Messi untuk menjadi pahlawan Arsenal yang baru.

  1. Kekayaan Manchester City

Pemilik The City Group yang berasal dari Timur Tengah ini berani membayar Messi US$ 1,2 juta perminggunya jikalau ia bersedia berseragam The Citizens. Selain The Citizen terdapat klub papan atas lain yang bersedia menampung Messiah seperti PSG, Manchester United, Arsenal dah Chelsea namun mereka tidak berani menawarkan gaji sebesar The Citizens. Di tingkat ini, faktor uang dapat membuat Messi pindah ke lain hati.

  1. Berada didalam pengawasan Manchester United

Setelah gagal meniti karir ke Liga Champions akibat menelan kekalahan dari Wolfsburg dan PSV Eindhoven membuat sepakbola MU terlihat membosankan dan tidak menarik lagi. Pelatih MU, Louis Van Gaal sedang memompa keuangan MU guna memproduksi atau bahkan merekrut beberapa pemain bintang untuk meningkatkan peforma anak asuhnya. Pelatih asal Belanda ini dikritik gagal karena membuang sejumlah uang besar untuk mendatangkan Angel di Maria, dan mungkin kali ini dia tidak akan melakukan ‘blunder’ lagi jikalau mendatangkan seorang Messi ke Theater of Dreams.

  1. Masalah perpajakan di Spanyol

Messi tidak pernah memiliki masalah dalam membayar sejumlah tagihan, namun peraturan pajak di Spanyol sempat membuat Messi geram. Menurut otoritas pajak daerah Spanyol, Messi diduga menghindar untuk membayar pajak diantara tahun 2007 dan 2009 dan bagi mereka, kasus ini harus ditindaklanjuti. Ini adalah salah satu alasan utama mengapa Messi menerima gaji mingguan senilai US$ 1,2 juta dari Barca. Bagi Messiah, perpajakan di Spanyol amat sangat konyol.

  1. Paris Saint Germain

Jawara Perancis dan salah satu peserta Liga Champions ini ingin membuat suatu percikan besar setiap tahunnya. Menurut CBS Sports awal tahun ini, mereka ingin membuat suatu gelombang pasang yang besar agar dirinya diakui sebagai ‘raksasa’ dunia sepakbola sehingga semua mata tertuju pada klub kaya asal Perancis ini. PSG sering menggoda Cristiano Ronaldo agar mau segera merapat ke Paris, dan bila perlu superstar Portugal tersebut akan diduetkan dengan Lionel Messi di lini depan. Bagi pihak PSG, tentu ini adalah sebuah proyek dan bisnis besar.

  1. Luis Suarez

Selain Messi dan Neymar, terdapat striker Barca yang haus gol bernama Luis Suarez. Setiap Barca berhasil melesakkan gol, pastinya didalam papan skor terlihat nama striker Uruguay tersebut. Dahulu saat Barca dibawah asuhan Pep’s, mereka sangat bergantung pada sosok Messi namun sekarang keadaan sudah jauh berbeda dimana ia dipandang sebagai salah satu dari tiga striker terbaik Barca. Ini tentu merupakan pergeseran pemain secara dinamis.

  1. Neymar Jr.

Raja yang lama sudah gugur dan menyisakan sebuah kenangan. Beberapa fans pernah berpikir jikalau Barca akan menemukan sosok pengganti Messiah dan semua mata tertuju pada pesepakbola berbakat dari Brazil, Neymar Jr. Neymar tampak siap untuk memimpin serangan tim Catalans dari 2016 hingga seterusnya. Pembuktiannya, ia selalu menjadi salah satu dari tiga striker Barca yang selalu memotong dari sisi kiri dan sering membantu rekan setimnya. Surat kabar Spanyol banyak berspekulasi akan tawaran konyol yang datang dari Manchester United guna memboyong Neymar minggu-minggu ini padahal jikalau Barca menginginkan uang tunai yang besar, mereka dapat melego Messi dengan mudah.